Video Penjelasan Penerapan Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum

Tujuan Pembelajaran (TP)

Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) murid yang perlu dibangun melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP)

Secara operasional, komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat tiga aspek berikut ini:

  • Kompetensi, yaitu kemampuan yang dapat didemonstrasikan oleh murid atau ditunjukkan dalam bentuk produk yang menunjukkan murid telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
  • Konten, yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.
  • Variasi, yang menjelaskan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi yang perlu dikuasai murid untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Misal: mengevaluasi, menganalisis, memprediksi, menciptakan, dan sebagainya.

Contoh Tujuan Pembelajaran

Menjelaskan hukum Newton dengan menggunakan kata-kata sendiri dan menceritakan fenomena dalam keseharian yang menggambarkan hukum Newton.

  • Kompetensi (kata kerja yang menunjukkan keterampilan/ aksi) → menjelaskan, menceritakan
  • Konten (materi yang dipelajari) → hukum Newton
  • Variasi (penggunaan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi) → dengan kata-kata sendiri

Prosedur Pengembangan Tujuan Pembelajaran 

  • Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  • Berdasarkan analisis pada CP, tentukan materi utama atau konten inti.
  • Menentukan tujuan pembelajaran. 
  • Perumusan TP memuat kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap), konten, serta kebermaknaan dalam pembelajaran.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan Tujuan Pembelajaran yang dilakukan sepanjang fase untuk mencapai Capaian Pembelajaran yang harus dicapai di akhir fase.

Silakan cek ATP 2022 melalui tautan ini 

Skema Penurunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)

unnamed__23_.png

Video penjelasan Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 

Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Panduan Umum untuk merumuskan ATP dan TP dapat diunduh pada tautan ini.

Jenjang PAUD

Contoh hasil TP PAUD

Jenjang SD, SMP, SMA/SMK 

Contoh hasil TP:

Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

Berikut adalah Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

(SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). 

Panduan dapat Anda unduh pada tautan ini atau klik pada gambar di bawah.

 

Sebelumnya
Selanjutnya
4948621244953

Komentar

1 comment

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk