Modul ajar adalah salah satu jenis perangkat ajar yang dirancang secara lengkap dan sistematis untuk memandu guru dalam melaksanakan pembelajaran. Modul ajar merupakan rancangan implementasi dari alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari capaian pembelajaran, yang dilengkapi dengan langkah pembelajaran, rencana asesmen, hingga sarana yang dibutuhkan dalam menjalankan pembelajaran secara terorganisir.

Modul ajar yang dikembangkan oleh kontributor (individu/kelompok/komunitas/yayasan/lembaga/perusahaan) dapat memberi manfaat dan bertujuan untuk:

  1. Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran; 
  2. Menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran; 
  3. Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran. 

Dalam rancangan modul ajar, berikut ini adalah kriteria yang harus dimiliki:

  • Esensial: pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
  • Menarik, bermakna, dan menantang: menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun dan memicu keingintahuan sesuai tahapan usianya agar peserta didik dapat menuju capaian pembelajarannya.
  • Relevan dan kontekstual: berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.
  •  Berkesinambungan: Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.
  • Penyajian: penulisan modul ajar menggunakan bahasa dan visual yang sederhana, mudah dipahami, dan disajikan secara menarik. 
  • Kelengkapan: memuat seluruh komponen yang dibutuhkan.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perancangan modul ajar:

  1. Dalam merancang modul ajar, kontributor tidak diwajibkan untuk membuat modul ajar baru, namun dapat juga memodifikasi modul ajar yang sudah ada. Kontributor juga dapat melakukan perancangan modul ajar berdasarkan RPP / lesson plan / unit plan yang dimiliki dengan melakukan penyesuaian komponen sesuai dengan modul ajar.
  2. Kontributor dalam melakukan perancangan modul ajar dengan cara bekerja sama dan berkolaborasi dalam tim.
Sebelumnya
Selanjutnya
5010388166041

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk