Tentang Platform Merdeka Mengajar 

Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Untuk mengakses fitur/menu yang ada di dalam platform Merdeka Mengajar, pengguna perlu masuk (login) dengan Akun Pembelajaran (belajar.id).

Penerapan Kurikulum Merdeka didukung oleh platform Merdeka Mengajar yang dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Saat ini, platform Merdeka Mengajar memiliki fitur/menu yang dapat membantu pengembangan kompetensi guru dan menunjang kegiatan belajar mengajar. Di antaranya adalah: 

  1. Kurikulum Merdeka, yang berisi informasi pengenalan prinsip dasar dan konsep pembelajaran paradigma baru yang berpusat pada murid, serta informasi penerapan kurikulum dengan mempelajari profil pelajar pancasila dan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.
  2. Asesmen Murid, yang berisi kumpulan paket soal asesmen diagnostik berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu, untuk membantu Anda mendapatkan informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid.
  3. Perangkat Ajar, yang memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar Anda, seperti bahan ajar, modul ajar, dan modul projek. 
  4. Pelatihan Mandiri, yang memuat berbagai materi pelatihan yang dibuat singkat, agar Anda bisa melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun. 
  5. Komunitas, yang berisi berbagai macam komunitas belajar di seluruh Indonesia dan dapat digunakan guru untuk berbagi praktik baik dan sarana belajar juga diskusi bersama dengan guru lainnya. 
  6. Video Inspirasi, yang berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli, sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai tenaga pendidik. 
  7. Bukti Karya, yang berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya Anda untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. 
  8. Refleksi Kompetensi, merupakan bentuk pengenalan diri berupa asesmen yang bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan diri yang berdampak pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
  9. Pengelolaan Kinerja, merupakan alat bantu yang memudahkan Pendidik dan Kepala Sekolah untuk menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual sesuai kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karir guna peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Peran Platform Merdeka Mengajar Bagi Kontributor

Perlu Diketahui!

Perangkat ajar yang telah dibuat oleh kontributor melalui platform Ruang Kolaborasi akan didistribusikan ke menu Perangkat Ajar pada platform Merdeka Mengajar untuk membantu tenaga pendidik dalam menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. 

Perangkat Ajar merupakan fitur gotong royong dari berbagai praktisi dan pegiat pendidikan di Indonesia melalui Ruang Kolaborasi. Saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek berperan sebagai fasilitator dalam pengembangan perangkat ajar serta kurator dari perangkat ajar yang dihasilkan. Kontributor akan mendapatkan akses ke platform Merdeka Mengajar setelah registrasi di Ruang Kolaborasi dan diverifikasi oleh Kemendikbudristek. 

Kontributor dapat mengetahui performa perangkat ajar yang dikontribusikan bagi platform Merdeka Mengajar melalui Ruang Kolaborasi.

Masuk/Login ke Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar adalah platform yang digunakan hanya untuki Guru dan Kepala Sekolah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat platform secara keseluruhan Anda memerlukan akses masuk/login dengan:

  • Akun belajar.id (contoh: namaakun@guru.smp.belajar.id) bagi guru dan kepala sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek dan terdata di Dapodik. 

  • Akun madrasah (contoh: namaakun@madrasah.kemenag.go.id) bagi guru madrasah yang berada di bawah naungan Kemenag.

Informasi lebih lanjut tentang masuk/login ke Platform Merdeka Mengajar dapat kunjungi artikel di sini

Tanya Jawab Seputar Hubungan Ruang Kolaborasi dan Platform Merdeka Mengajar

Apa itu platform Merdeka Mengajar?

Platform teknologi yang disediakan untuk guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Untuk mengakses fitur/menu yang ada di dalam platform Merdeka Mengajar, pengguna perlu masuk (login) dengan Akun Pembelajaran (belajar.id).

Apa manfaat platform merdeka mengajar bagi kontributor?

Platform Merdeka Mengajar adalah platform yang akan menampilkan perangkat ajar dan asesmen yang telah dikontribusikan oleh kontributor.

Apakah kontributor juga harus memiliki akun belajar.id untuk mengakses platform Merdeka Mengajar?

Tidak. Kontributor yang telah dinyatakan lulus verifikasi dapat mengakses platform Merdeka Mengajar menggunakan Akun Google yang didaftarkan di Ruang Kolaborasi.

Bagaimana cara melihat tampilan perangkat ajar yang sudah dipublikasikan di platform Merdeka Mengajar?

Anda dapat melihat caranya di laman ini.

Sebelumnya
Selanjutnya
5828484723481

Komentar

1 comment

  • lopyhulu77

    Terimakasih🙏🙏🙏🙏

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk