Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. Dengan menjalankan P5, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik untuk dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam profil pelajar Pancasila.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dimensi profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.
VISI PENDIDIKAN INDONESIA
"Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila."
PROFIL PELAJAR PANCASILA
“Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”
Modul P5 merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Pendidik pada setiap satuan pendidikan nantinya memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul projek yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik.
Contoh-contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila tersedia di platform Merdeka Mengajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul projek sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul projek yang disediakan sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik.
Gambaran Pencapaian Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan
Profil pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui:
1. Budaya satuan pendidikan
Iklim satuan pendidikan, kebijakan, pola interaksi dan komunikasi, serta norma yang berlaku di satuan pendidikan.
2. Pembelajaran intrakurikuler
- Muatan pembelajaran
- Kegiatan/pengalaman belajar
3. Projek penguatan profil pelajar Pancasila
Projek Lintas Disiplin Ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. (Pada pendidikan kesetaraan berupa projek pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil Pelajar Pancasila).
4. Ekstrakurikuler
Kegiatan untuk mengembangkan minat dan bakat.
Komentar
1 comment
Saya berharap artikel yang dimuat dalam website ini menggunakan cara penulisan yang benar dan lebih baik. Terlebih lagi website ini terafiliasi dengan kemdikbud.
Beberapa penulisan kata menurut saya tidak sesuai dengan kaidah yang benar:
"Proyek" ditulis "Projek"
"Kebhinekaan" ditulis "Kebinekaan"
Kalau hal-hal yang sangat mendasar seperti ini terus terjadi, termasuk pada proses pengajaran pada pendidikan dasar, kita akan terus melihat di sekitar lingkungan kita iklan-iklan yang menulis seperti berikut:
"RUMAH DI JUAL" yang seharusnya " RUMAH DIJUAL"
"RUMAH INI DI KONTRAKAN", yang seharusnya " RUMAH INI DIKONTRAKKAN"
Fenomena ini menjadikan pertanyaan besar apa yang terjadi pada pendidikan kita selama ini
Terimakasih
Please sign in to leave a comment.